Jalur Masuk PTN 2017/2018 dan Sistem Biaya Kuliah

Jalur masuk PTN secara umum ada 3, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri. Kuota penerimaan perguruan tinggi untuk ketiga jalur tersebut, SNMPTN minimal 30 persen, SBMPTN minimal 30 persen, dan Seleksi Mandiri maksimal 30 persen.

SNMPTN

SNMPTN ( Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/SMK/MA atau sederajat dengan masa belajar 3 (tiga) tahun.

Sederhananya, untuk menempuh jalur SNMPTN ini kalian tidak perlu menempuh ujian tulis. Perlu diperhatikan, seleksi ini dilaksanakan sebelum kelulusan dengan sistem seleksi nilai raport dan portofolio prestasi yang sudah kalian kumpulkan selama aktif bersekolah di SMA/SMK.

SBMPTN

SBMPTN adalah kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, yaitu seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis.  Untuk mengikuti jalur seleksi ini, kalian harus mengerjakan serangkaian tes baik itu paper based/computer based (salah satu) dan tes ketrampilan untuk masuk jurusan tertentu, misalnya jurusan olahraga atau jurusan seni.

Jalur Mandiri PTN/PTS

Jalur Seleksi Mandiri adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara khusus oleh panitia dari Perguruan Tinggi Penyelenggara baik itu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Jalur seleksi mandiri di setiap Perguruan Tinggi memiliki nama dan sistem penerimaan yang berbeda-beda . Waktu penyelenggaraan seleksi mandiri ini juga beragam, ada Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan sebelum SBMPTN, dan ada yang menyelenggarakan setelahnya. Jika kalian ingin mengikuti jalur mandiri ini, maka kalian harus rajin mengakses informasi terkait dari alamat web Perguruan Tinggi yang dituju.

Selain 3 jalur di atas, ada jalur lainnya untuk masuk Perguruan Tinggi, antara lain sebagai berikut.

BIDIKMISI

Bidikmisi merupakan jalur masuk perguruan tinggi untuk siswa berprestasi tetapi tidak mampu secara keuangan. Persyaratan untuk mendaftar  bidimisi adalah sebagai berikut.

  1. Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus;
  2. Atau Lulusan tahun sebelumnya yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi;
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
  4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:
  5. Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; atau
  6. Pendapatan kotor gabungan orang Tua/Wali (suami istri) maksimal sebesar Rp3.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 setiap bulannya.
  7. Pendidikan orang Tua/Wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;
  8. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi objektif dan akurat dari Kepala Sekolah;
  9. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS (perguruan tinggi swasta) dengan ketentuan:

PTN dengan pilihan seleksi masuk:

  • Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN);
  • Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN);
  • Seleksi mandiri PTN.
  • Politeknik, UT, dan Institut Seni dan Budaya

PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk.

PMDK PN

Jalur PMDK-PN (Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri) sama seperti SNMPTN tetapi untuk masuk politeknik.

Ujian Masuk PTK (Perguruan Tinggi Kedinasan)

Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri yang ada ikatan dengan lembaga pemerintah / kementrian sebagai penyelenggara pendidikan. PTK menawarkan kuliah yang biaya terjangkau dan beberapa gratis dan mendapatkan uang saku setiap bulan. PTK berbeda dengan PTN, di PTK mahasiswa akan kuliah dan setelah lulus dapat langsung bekerja.

Contoh institusi/perguruan tinggi kedinasan antara lain Politeknik Keuangan Negara STAN,  Sekolah Tinggi Ilmu Statistika,  Institut Pendidikan Dalam Negeri,  Akademi Imigrasi,  Sekolah Tinggi Sandi Negara,  Sekolah Tinggi Meterologi Klimatologi dan Geofisika,  dan Sekolah Tinggi Transportasi Darat.

SISTEM BIAYA KULIAH

UKT dan BKT

Pada zaman dahulu biaya kuliah mengenal yang namanya uang masuk dan uang semester. Misalnya uang masuk Rp25.000.000 dan uang per semester Rp2.000.000.

Saat ini digunakan sistem UKT (uang kuliah tunggal) di mana biaya selama kuliah dibagi dengan jumlah semester. Misalnya jurusan PGSD di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) selama 4 tahun (8 semester) memerlukan biaya Rp40.000.000 dan disubsidi pemerintah Rp8.000.000, maka biaya UKT adalah Rp40.000.000 – Rp8.000.000 = Rp32.000.000,00/8 semester atau Rp4.000.000 UKT per semester.

Biaya Kuliah Tunggal (BKT) : biaya keseluruhan operasional per mahasiswa per semester pada program studi.

Uang Kuliah Tunggal (UKT) : biaya kuliah tunggal yang ditanggung setiap mahasiswa per semester, yang sudah disubsidi oleh pemerintah.

Bantuan Operasinal Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) : bantuan operasional dari pemerintah kepada perguruan tinggi negeri dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Yang harus dibayarkan oleh mahasiswa adalah UKT, yaitu UKT =  BKT – BOPTN.

UKT yang dibayarkan mahasiswa besarnya berbeda-beda, tergantung penghasilan orang tua mahasiswa. Jumlah UKT yang dibayarkan mahasiswa tergantung pada kategori UKT mahasiswa tersebut. Misalnya pada UNY:

UKT UNY

Nb: Prodi Pendidikan di dalamnya ada PGSD, dll.

Kategori I-VII sesuai dengan penghasilan orang tua, misalnya sebagai berikut.

Kategori UKT Unnes

Jadi, kalau penghasilan orang tua kamu antara Rp5.100.000 – Rp7.150.000 maka kamu masuk kategori 6. Kalau kamu kuliah di PGSD (prodi pendidikan) UNY dengan kategori UKT 6 maka biaya kuliahmu per semester Rp4.235.000.

Sekian dulu tulisan terkait Jalur Masuk Perguruan Tinggi dan Sistem Biaya Kuliah kali ini. Sampai bertemu di artikel lainnya.

(Putu Hatesa, 4/8/2017)

(Visited 151 times, 1 visits today)

Jangan lupa untuk Subcribe situs ini agar Anda tidak ketinggalan artikel-artikel menarik lainnya. Subcribe di sini!

Cara Cepat Hamil

Cara jual barang di Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, Zalora, Matahari Mall, JD.ID, dan sebagainya tanpa memiliki stok barang

Ingin mendapatkan penghasilan secara online? Inilah salah satu sumber penghasilan yang sangat populer, yaitu melalui Clickbank. Pelajari di sini!

Apa itu Clickbank? Bagaimana saya bisa menghasilkan uang dari Clickbank?

Ingin mendapatkan penghasilan dari mengisi survei? Lihat selengkapnya di sini!

Ingin meningkatkan kemampuan bahasa inggrismu? Gratis ebook dan audio materi pembelajaran. Lihat di sini!

Cara Membuat Website untuk Pemula, inilah Caranya!

Bagaimana Cara Belajar Sendiri Mengetik 10 Jari? Ini Dia Caranya!

Mau Jual Produk Online tapi Tidak Punya Stok Barang? Ini Dia Caranya!

Ingin Tahu Cara Anak Online Dapat Tambahan Penghasilan? Ini Dia Caranya!

DVD Cara Mudah Import dan Jual Produk dari China

Bagaimana cara membeli saham google, microsoft, facebook, amazon, apple, dan saham luar negeri lainnya? Begini caranya!

Jaket Keren. 12 Fungsi dalam 1 Jaket

Bukan sekedar jaket biasa. Begitulah kami mendeskripsikannya. Tak hanya memiliki fungsi seperti pada jaket biasa lainnya, Iwearzule Multifunctional Jacket memiliki 12 fungsi tambahan untuk menunjang berbagai kebutuhan. Dengan 12 fungsi ini, Iwearzule Multifunctional Jacket akan semakin praktis untuk dikenakan di segala aktifitas tanpa mengurangi rasa nyaman. Untuk melihat harga, video dan deskripsi lengkap silahkan klik gambar.

Jaket 12 Fungsi 200x200 Jaket 12 Fungsi 200x200

Celana Keren. 11 Fungsi dalam 1 Celana

Celana untuk kamu yang ingin mendapatkan kenyamanan saat beraktivitas. Hadir dengan desain yang simple namun fungsional, tambahan 11 fitur pada celana multifungsi melengkapi kebutuhan dan mendukung segala aktivitasmu. Untuk melihat harga, video dan deskripsi lengkap silahkan klik gambar.

Celana 11 Fungsi 200x200 Celana 11 Fungsi 200x200

Bagaimana Cara Memasang Iklan di Facebook sekaligus Instagram?

Ingin belajar cara memasang iklan di facebook dengan target spesifik? Misalnya jika Anda ingin menjual pakaian olahraga/jersey klub Barcelona, Anda bisa mentargetkan agar iklan Anda hanya dilihat oleh orang-orang yang memiliki minat klub Barcelona atau memiliki minat Lionel Messi. Jadi iklan Anda akan sangat efektif. Dengan biaya iklan di Facebook mulai dari Rp10.000,00 per hari, iklan Anda (yang dapat diisi link ke alamat website tempat Anda berjualan) akan dapat dilihat oleh target spesifik Anda. Iklan Anda akan berjalan efekttif, orang akan diarahkan berkunjung ke website Anda, dan Anda akan menghasilkan penjualan.

Bagaimana jika saya belum memiliki website?

Anda tetap dapat berjualan di facebook dan instagram. Orang tertentu yang melihat iklan Anda (spesifik yang Anda targetkan dalam iklan) akan memesan produk Anda di facebook atau instagram. Tertarik? Lihat materi lengkapnya di sini!

The following two tabs change content below.
Putu hatesa adalah seorang investor dan internet marketer yang suka berbagi informasi terkait investasi, internet/online marketing, bahasa, spiritualisme, tips & trik, info menarik, serta pembuatan dan pengelolaan website/blog/tulisan.

Comments

comments (centang kirim juga ke Facebook)

Putu Hatesa

Putu hatesa adalah seorang investor dan internet marketer yang suka berbagi informasi terkait investasi, internet/online marketing, bahasa, spiritualisme, tips & trik, info menarik, serta pembuatan dan pengelolaan website/blog/tulisan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *