Jenis-Jenis Reksadana

Jenis-Reksadana

Jenis-jenis reksadana yang umum ditemui antara lain reksadana saham, reksadana pendapatan tetap, reksadana pasar uang, dan reksadana campuran. Reksadana-reksadana tersebut memiliki karakteristik tertentu, baik dari sisi komposisi penempatan dana, tingkat risiko, dan tingkat imbal hasil (return).

Reksadana Pasar Uang

Adalah reksadana yang seluruh dananya diinvestasikan atau dibelikan surat berharga yang jatuh temponya kurang dari satu tahun, seperti deposito, tabungan, atau obligasi/surat utang yang jatuh temponya maksimal satu tahun. Reksadana Pasar Uang berinvestasi/membeli surat berharga sebanyak 100% pada surat berharga-surat berharga ini.

Reksadana Pendapatan Tetap

Merupakan reksadana yang minimal 80% dana yang dikelolanya diinvestasikan atau dibelikan obligasi/surat utang yang jatuh tempo lebih dari satu tahun. Sisanya dapat diinvestasikan pada saham atau surat berharga pasar uang.

Reksadana Saham

Adalah reksadana yang minimal 80% dana yang dikelolanya diinvestasikan atau dibelikan saham sedangkan sisanya dapat dibelikan obligasi/surat utang atau surat berharga pasar uang.

Reksadana Campuran

Merupakan reksadana yang dananya diinvestasikan atau dibelikan saham, obligasi/surat utang, atau surat berharga pasar uang, dengan ketentuan maksimum 79% pada salah satu surat berharga.

Dilihat dari sisi risiko, urutan reksadana dari yang paling kurang berisiko sampai dengan paling berisiko adalah reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, dan reksadana saham. Namun, semakin besar risiko, semakin besar juga imbal hasil (return) yang diharapkan dapat diperoleh. Ini sesuai dengan ungkapan yang populer dalam berinvestasi, yaitu “high risk, high return.” Dengan kata lain, reksadana dari yang paling memberikan imbal hasil paling tinggi sampai yang paling rendah berturut-turut adalah reksadana saham, reksadana campuran, reksadana pendapatan tetap, dan reksadana pasar uang.

Reksadana mana yang kita pilih tergantung pada profil risiko kita masing-masing. Orang yang berani mengambil risiko (risk taker) tentu akan membeli reksadana saham atau reksadana campuran, dengan harapan mendapatkan imbal hasil tinggi tetapi dengan risiko yang tinggi pula. Sementara orang yang cenderung menghindari risiko (risk averse) tentu akan membeli reksadana pasar uang atau reksadana pendapatan tetap, dengan imbal hasil rendah atau sedang tetapi dengan risiko yang rendah juga.

Itulah jenis-jenis reksadana yang umum terdapat di Indonesia. Selain jenis reksadana tersebut, tentu terdapat jenis reksadana lainnya, yaitu reksadana terstruktur (reksadana indeks dan reksadana terproteksi), Exchange Trade Fund (ETF), dan reksadana yang mendukung sektor riil.

Oke. Kira-kira itu jenis-jenis reksadana. Sampai jumpa di tulisan berikutnya.

 

Happy investing. Raise your expectation!

 

Putu Hatesa (Investor)

***

 

Taukah kamu?

Kamu bisa membeli membeli saham Google, Microsoft, Facebook, Amazon, Apple, Alibaba, Toyota, Honda, Unilever, dan saham perusahan asing lainnya dengan hanya $50. Kamu dapat membeli saham perusahaan ini dari Indonesia dengan aplikasi Etoro (bisa didownload di Google Play atau App Store) atau langsung ke situs etoro.com. Penasaran? Klik di sini!

 

 

Baca juga: Reksadana dan Cara Membeli atau Berinvestasinya Secara Online

(Visited 321 times, 1 visits today)

Jangan lupa untuk Subcribe situs ini agar Anda tidak ketinggalan artikel-artikel menarik lainnya. Subcribe di sini!

Cara Cepat Hamil

Cara jual barang di Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, Zalora, Matahari Mall, JD.ID, dan sebagainya tanpa memiliki stok barang

Ingin mendapatkan penghasilan secara online? Inilah salah satu sumber penghasilan yang sangat populer, yaitu melalui Clickbank. Pelajari di sini!

Apa itu Clickbank? Bagaimana saya bisa menghasilkan uang dari Clickbank?

Ingin mendapatkan penghasilan dari mengisi survei? Lihat selengkapnya di sini!

Ingin meningkatkan kemampuan bahasa inggrismu? Gratis ebook dan audio materi pembelajaran. Lihat di sini!

Cara Membuat Website untuk Pemula, inilah Caranya!

Bagaimana Cara Belajar Sendiri Mengetik 10 Jari? Ini Dia Caranya!

Mau Jual Produk Online tapi Tidak Punya Stok Barang? Ini Dia Caranya!

Ingin Tahu Cara Anak Online Dapat Tambahan Penghasilan? Ini Dia Caranya!

DVD Cara Mudah Import dan Jual Produk dari China

Bagaimana cara membeli saham google, microsoft, facebook, amazon, apple, dan saham luar negeri lainnya? Begini caranya!

Jaket Keren. 12 Fungsi dalam 1 Jaket

Bukan sekedar jaket biasa. Begitulah kami mendeskripsikannya. Tak hanya memiliki fungsi seperti pada jaket biasa lainnya, Iwearzule Multifunctional Jacket memiliki 12 fungsi tambahan untuk menunjang berbagai kebutuhan. Dengan 12 fungsi ini, Iwearzule Multifunctional Jacket akan semakin praktis untuk dikenakan di segala aktifitas tanpa mengurangi rasa nyaman. Untuk melihat harga, video dan deskripsi lengkap silahkan klik gambar.

Jaket 12 Fungsi 200x200 Jaket 12 Fungsi 200x200

Celana Keren. 11 Fungsi dalam 1 Celana

Celana untuk kamu yang ingin mendapatkan kenyamanan saat beraktivitas. Hadir dengan desain yang simple namun fungsional, tambahan 11 fitur pada celana multifungsi melengkapi kebutuhan dan mendukung segala aktivitasmu. Untuk melihat harga, video dan deskripsi lengkap silahkan klik gambar.

Celana 11 Fungsi 200x200 Celana 11 Fungsi 200x200

Bagaimana Cara Memasang Iklan di Facebook sekaligus Instagram?

Ingin belajar cara memasang iklan di facebook dengan target spesifik? Misalnya jika Anda ingin menjual pakaian olahraga/jersey klub Barcelona, Anda bisa mentargetkan agar iklan Anda hanya dilihat oleh orang-orang yang memiliki minat klub Barcelona atau memiliki minat Lionel Messi. Jadi iklan Anda akan sangat efektif. Dengan biaya iklan di Facebook mulai dari Rp10.000,00 per hari, iklan Anda (yang dapat diisi link ke alamat website tempat Anda berjualan) akan dapat dilihat oleh target spesifik Anda. Iklan Anda akan berjalan efekttif, orang akan diarahkan berkunjung ke website Anda, dan Anda akan menghasilkan penjualan.

Bagaimana jika saya belum memiliki website?

Anda tetap dapat berjualan di facebook dan instagram. Orang tertentu yang melihat iklan Anda (spesifik yang Anda targetkan dalam iklan) akan memesan produk Anda di facebook atau instagram. Tertarik? Lihat materi lengkapnya di sini!

The following two tabs change content below.
Putu hatesa adalah seorang investor dan internet marketer yang suka berbagi informasi terkait investasi, internet/online marketing, bahasa, spiritualisme, tips & trik, info menarik, serta pembuatan dan pengelolaan website/blog/tulisan.

Comments

comments (centang kirim juga ke Facebook)

Putu Hatesa

Putu hatesa adalah seorang investor dan internet marketer yang suka berbagi informasi terkait investasi, internet/online marketing, bahasa, spiritualisme, tips & trik, info menarik, serta pembuatan dan pengelolaan website/blog/tulisan.

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Januari 26, 2016

    […] Baca juga: Jenis-Jenis Reksadana […]